8 Hewan Kurban di Lambar Idap Cacing Hati

223

LIWA, WAKTUINDONESIA– Menurut Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat (Lambar) pada Idul Adha 2021 terdata sebanyak 683 hewan yang dikurbankan di bumi beguwai jejama dengan rincian Sapi sebanyak 146 ekor dan kambing 537 ekor. Sementara itu, delapan diantaranya dinyatakan mengandung cacing hati.

Kepala Disbunnak, Natadjudin Amran mengatakan hal tersebut, menurutnya hewan kurban yang disebutkan tersebut berdasarkan laporan dari petugas pemeriksa dilapangan. Kendati demikian, organ hati yang ditemukan adanya cacing langsung dimusnahkan oleh petugas dengan cara di kubur.

“Saat diketahui oleh petugas organ hatinya langsung dikuburkan, karena tidak layak dan berbahaya bila di konsumsi,” tutur Nata sapaan karib Natadjudin Amran, Rabu (21/7/2021).

Keberadaan delapan hewan kurban yang mengadung cacing hati tersebut kata Natadjudin ditemukan di dua kecamatan.

“Lima di kecamatan Balik Bukit dan 3 Lainnya di Batu Brak,” paparnya.

Dengan demikian Nata pun menilai, diluar 683 hewan yang dikurban di Lambar tersebut masih ada yang tidak terdata dengan indikasi adanya warga yang enggan melapor kepada Dinas terkait melalui petugas di masing-masing kecamatan.

“Saya rasa masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan himbauan agar melapor kepada petugas untuk berkurban, padahal kita pun sudah mengirim surat edaran sebelumnya melalui camat masing-masing sebelum idul adha,” bebernya.

Nata pun menyesalkan adanya warga yang tidak melapor kepada petugas pemeriksa hewan kurban dilapangan.

“Padahal ini demi kebaikan semua, bisa kita bayangkan apabila hewan kurban yang tidak dilaporkan itu organ hatinya mengandung hati, kan bisa membahayakan yang mengkonsumsi,” tukasnya.

(erw/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  KPK Periksa 4 Saksi Terkait Kasus Bupati Labura