H+1 Idul Adha 1442 H, RPH Lambar Kurang Dilirik

168

Kendaraan pengangkut hewan kurban dari dan ke RPH Lambar. Foto: ist

LIWA, WAKTUINDONESIA – Adanya pelayanan antar jemput pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) setempat oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat (Lambar), tercatat tiga hewan kurban yang disembelih dengan memanfaatkan fasilitas tersebut.

Kepala Disbunnak Lambar, Natadjudin Amran, mengatakan demikian saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (21/7/2021).

“Iya, kemarin, Selasa (20/7/2021) tercatat tiga hewan kurban masyarakat yang proses penyembelihan dan pembersihan nya memanfaatkan fasilitas antar jemput Disbunnak,” ujar Nata sapaan akrab Natadjudin Amran.

Tiga hewan kurban yang dimaksud jelas Natadjudin terdiri dari satu ekor sapi dan dua ekor kambing milik masyarakat Liwa dan sekitarnya.

Meski terbilang sedikit yang memanfaatkan fasilitas tersebut ia menilai, dikarenakan pemotongan mandiri yang kebanyakan di lakukan di rumah ibadah oleh masyarakat juga masih diperkenankan. Karena masih suasana pandemi Covid-19 pelaksanaannya pun dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

Kendati demikian, Natadjudin mengungkapkan pelayanan bagi dinas terkait pada masyarakat adalah prioriotas.

“Walau sedikit peminat, tetapi inisiatif Disbunnak merupakan upaya ikut serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui kerumunan, karena ketika warga memanfaatkan layanan ini (antar jemput) setidaknya efisiensi waktu dan potensi keramaian pun bisa dihindarkan” jelasnya.

Karena menurut Natadjudin, faktor mengapa hanya sedikit hewan kurban yang disembelih di RPH milik pemkab tersebut ia menilai karena momen sakral pemotongan hewan kurban masih melekat di tengah masyarakat.

“Tidak bisa kita pungkiri, pemotongan hewan kurban ini memiliki nuansa tersendiri, karena pemotongan dan tujuannya hanya bisa dilaksanakan pada hari raya Idul Adha saja, sehingga warga pun lebih memilih memotong hewan kurban secara mandiri,” hematnya.

BACA JUGA:  Ini Payung Hukum Sekolah Menengah Tarik Sumbangan, tapi Ingat Keluarga Miskin Gratis!

“Selain memiliki nilai sakral bagi masyarakat, juga sarana hiburan bagi masyarakat karena ada euforianya tersendiri,” imbuhnya.

Dengan demikian kata Nata, pihaknya menegaskan masih ada waktu bagi masyarakat Liwa dan sekitarnya yang belum melakukan penyembelihan hewan kurban dan ingin menggunakan fasilitas antar jemput di RPH setempat.

“Hingga H+3 Idul Adha pelayanan ini kita berikan, sehingga masih ada besok (22/7) bagi masyarakat yang berminat tinggal hubungi saja Disbunnak dan akan diberikan pelayanan sebagaimana mestinya,” tukasnya

Diwartakan sebelumnya, bagi masyarakat yang menggunakan jasa antar jemput pemotongan hewan kurban yang di inisiasi Disbunnak tersebut pemilik hewan akan menerima kembali daging utuh yang telah dibersihkan dan siap di bagikan dengan tarif terjangkau Rp15 ribu per hewan kurban.

(erw/WII)

Facebook Comments