Bahaya! Ada Lubang Menganga di Jembatan Way Gebang

  • Bagikan

TELUKPANDAN, WAKTUINDONESIA – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pesawaran menyebabkan meluapnya air sungai Gebang, hingga mengakibatkan salah satu titik di jembatan di Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan jebol akibat tergerus luapan air.

Akibat peristiwa itu, membuat akses jalan utama menuju wisata pantai yang ada di bagian pesisir Pesawaran mengalami kerusakan.

Salah satu warga Desa Gebang, Toni Yunizar mengatakan, akibat banjir dari Sungai Gebang itu membuat akses jalan menuju lokasi wisata tergerus hingga berlubang besar.

“Hujan lebat dari semalam menggeruskan sebagian akses jalan menuju lokasi wisata hingga berlubang, tepatnya di Jembatan Way Gebang Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran,” kata Toni saat dijumpai di lokasi, Rabu (1/9/2021).

“Karena melihat jalan berlubang besar, maka kami tandai dengan bambu silang sebagai tanda hati-hati, demi keselamatan pengguna jalan yang menuju ke lokasi wisata yang ada di pesisir pantai Pesawaran,” timpalnya.

Menurutnya, salah satu faktor banjir tersebut karena banyaknya sampah yang berasal kebun seperti daun-daun hingga ranting pohon dan batang bambu.

“Salah satu faktor yang menyebabkan banjir itu ya sampah-sampah itu juga, dan di tambah lagi dalam beberapa hari ini Kabupaten Pesawaran sudah diguyur hujan terus,” ungkapnya.

Dia juga menuturkan, tak hanya jalan itu saja yang terdampak dari banjir itu, termasuk tempat wisata yang seperti wisata mangrove Pentenggoran.

“Tidak hanya berimbas kepada jalan itu saja, namun wisata mangrove juga terdampak, seperti air sungai yang coklat masuk ke pantai mangrove yang mengakibatkan air laut yang ada menjadi berwarna coklat juga, ikan-ikan yang berasal dari sungai itu juga pada mengambang mati tak hanya itu saja, bahkan sampah-sampah dari sungai itu juga bertaburan dipinggir pantai,” jelasnya.

BACA JUGA:  Diduga Disunat, KPM Keluhkan Komponen BPNT Yang Tak Sesuai

Dirinya menjelaskan, bahwa jembatan tersebut sempat di perbaiki pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Lampung pada tahun 2019 lalu dan sekarang terkena dampak banjir lagi, akibatnya sebagian badan akses jalan tersebut tergerus air banjir.

“Hari ini kembali dihantam banjir lagi, kami berharap kepada Dinas PU Provinsi Lampung, melalui Dinas PU Kabupaten Pesawaran agar kembali diperbaiki karena akses tersebut merupakan akses utama penghubung lima Kecamatan, dan juga lintas utama menuju lokasi wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya.

(apr/WII)

  • Bagikan