5 Peratin Dilantik Bupati Agus Hari Ini, Ini Nama dan Pekonnya

  • Bagikan

KRUI, WAKTUINDONESIA – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Lampung, Agus Istiqlal, melantik lima peratin terpilih hasil Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak pada 29 Juli lalu, di GSG Selalaw Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (22/9/21).

Lima peratin terpilih tersebut yaitu Edwarlin Z, Peratin Pekon Baturaja Kecamatan Pesisir Utara, sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor: B/353/KPTS/VI.12/HK PSB/2021.

Herdiawansyah Peratin Pekon Pasar Pulaupisang Kecamatan Pulaupisang, sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor: B/351/KPTS/VI.12/HK PSB/2021.

Markoni Peratin Pekon Sukadana Kecamatan Pulaupisang sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor: B/349/KPTS/VI.12/HK PSB/2021.

Riko Welianwar, Peratin Pekon Sukamarga Kecamatan Pulaupisang sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor: B/347/KPTS/VI.12/HK PSB/2021.

Rizoni Aryen, Peratin Pekon Balam Kecamatan Pesisir Utara, sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor: B/345/KPTS/VI.12/HK PSB/2021.

Bupati Agus mengucapkan selamat kepada lima peratin terlantik.

Menurutnya, hakekat demokrasi di tingkat pekon dapat terlihat dalam pelaksanaan pemilihan peratin, dimana semua komponen masyarakat terlibat didalamnya sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing. Keterlibatan tersebut, mencerminkan adanya kesadaran masyarakat di pekon dalam menentukan pemimpin.

“Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, peratin merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan oleh pemerintah peko,” ungkap Agus.

Dijelaskannya, sesuai dengan ketentuan maksimal tiga bulan setelah pelantikan, peratin harus segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pekon untuk jangka waktu enam tahun, ditetapkan dengan peraturan pekon, yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program.

“Penyusunan perancanaan pembangunan harus dilaksanakan secara partisipatif oleh pemerintah pekon yang melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan tanggap terhadap perubahan,” paparnya.

Masih kata Agus, dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan, peratin dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

BACA JUGA:  Desa Mikupajaya di Konsel Alokasikan DD 2019 untuk Mobil Ambulance, 2020?

Bupati berharap para peratin terlantik dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di wilayah Pesibar, khususnya di Kecamatan Pesisir Utara dan Pulaupisang, serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Pesibar, A. Zulqoini Syarif, anggota DPRD Pesibar, Kapolres Lampung Barat (Lambar), AKBP. Hadi Saeful Rahman, Komandan Unit Intel Kodim 0422/LB, Letda. Inf. Rihantoyo, camat, dan APDESI Pesibar.

(ers/WII)

  • Bagikan