Bupati Parosil: Tidak Semua Pekon Mampu Mengelola ADD

  • Bagikan

LIWA, WAKTUINDONESIA – Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus mengatakan tidak semua Pekon (desa) mampu mengelola secara baik Alokasi Dana Desa (ADD) yang telah dikucurkan oleh pemerintah pusat.

Ungkapan tersebut dikatakannya, saat menghadiri tasyakuran hari ulang tahun (HUT) Pekon Tri Mulyo, Kecamatan Gedung Surian ke-37.

“Di Kabupaten Lambar terdapat 131 pekon, namun tidak semua mampu mengelola dengan baik dana desa yang digelontorkan,” ujar Parosil Mabsus.

Karena, hemat Parosil, selain pertanggungjawaban yang baik ADD harus nyata dirasakan masyarakat manfaatnya, misalnya sarana dan prasana pekon harus tersedia.

Mengingat angka ADD bernilai fantastis, sehingga terbentuknya kebutuhan masyarakat berupa sarana pelayanan merupakan kebutuhan.

Kedatangan Parosil di salah satu pekon yang masuk dalam Smart Village tersebut juga menjalankan agenda kerjanya yakni meresmikan gedung terpadu graha Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) di lingkungan balai pekon setempat.

Kemudian penandatanganan prasasti atas diterimanya bantuan dana CSR dari Telkom Indonesia yang bekerjasama dengan Universitas Lampung.

Serta meresmikan pembangunan jembatan yang berada di Pemangku Air Dingin V, Pekon setempat, bersumber ADD 2021, dan menanam pohon alvokad sebagai bentuk implementasi salah satu dari tiga komiten Lambar yakni kabupaten literasi.

“Bicara pembangunan bukan hanya infrastruktur atau jembatan saja, melainkan Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus dipikirkan, dipintarkan, dan dicerdaskan,” jelasnya.

Dengan begitu, Parosil mengajak semua lapisan masyarakat atas tercapainya usia 37 tahun pekon setempat, menurutnya terbilang telah dewasa bahkan lebih tua dari kabupaten setempat yang kini berusia 30 tahun.

“Kalau sudah usia 37 ini mesti harus lebih maju dan mandiri, terlebih tadi telah kita simak dan dengarkan bersama torehan prestasi Pekon Tri Mulyo. Ini patut diberikan apresiasi, karena pembangunan daerah/pekon tidak sama,” tandasnya.

BACA JUGA:  Setahun, 10 Kasus Aparat Desa di Pesawaran Laporkan Kebijakan Kadesnya

Hadir pada kesempatan tersebut, ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus, Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Adi Utama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki.

Kepala Dinas PMP Noviardi Kuswan, General Manager PT. Telkom Indonesia, Mahasiswa dari Universitas Lampung, Camat Gedung Surian, Camat Air Hitam, Camat Kebun Tebu, dan Peratin se-Kecamatan Gedung Surian.

(erw/WII)

  • Bagikan