Mahasiswa & Masyarakat Subulussalam Menggelar Aksi di Depan DPRK, Ini Tuntutannya

  • Bagikan

ACEH, WAKTUINDONESIA – Sejumlah mahasiswa dan masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Masyarakat Subulussalam (GeMMaS) menggelar unjuk rasa di depan gedung kantor DPRK Kota Subulussalam Provinsi Aceh, Senin, 11 April 2022.

Aksi itu disebut bentuk solidaritas GeMMaS kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan serentak menggelar aksi di seluruh Indonesia.

Dalam ksi yang digelar itu sempat terjadi perdebatan antara mahasiswa pihak keamanan.

Mahasiswa meminta agar mereka melakukan aksinya tepat di halaman depan gedung DPRK Kota Subulussalam.

Para penggelar aksi akhirnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya.

Aksi itu disebut bagian bentuk kekecewaan mereja dalam menanggapi permasalahan yang serius.

Yakni, perihal kondisi nasional dan daerah Kota Subulussalam.

Adapun tuntutan BEM SI dan GeMMaS terhadap kondisi Nasional dan daerah saat ini diantaranya:

BEM SI menolak penundaan pemilu 2024. Menolak wacana tiga periode masa jabatan presiden. Menolak kenaikan BBM, Gas, Migor, Menolak kenaikan pajak 11 persen PPN. Mengkaji ulang UU IKN. Mengusut mafia di negara ini dan menuntaskan janji-janji politik Presiden di masa jabatan Presiden.

Sementara itu tuntutan GeMMaS untuk daerah Kota Subulussalam diantaranya:

Menstabilkan harga pokok di Kota Subulussalam.
Mengevaluasi kinerja PDAM Kecamatan Penanggalan yang mengakibatkan masyarakat krisis air bersih dan menuntut janji-janji politik pemerintahan Kota Subulussalam di sisa masa jabatannya.

Koordinator lapangan (korlap) Ade Irawan, menyampaikan bahwasanya gerakan ini gerakan murni dari panggilan hati kaum intelektual Kota Subulussalam yang tergabung GeMMAS tanpa ada ditunggangi politik manapun.

“Adapun tuntutan kami berharap agar terciptanya perioritas kinerja pemerintah yang dapat pro rakyat,” sebut Ade Irawan.

Setelah mahasiswa selesai melakukan orasinya para mahasiswa itu pun ditemui oleh anggota DPRK Kota Subulussalam guna menyahuti tuntutan para mahasiswa tersebut.

BACA JUGA:  Pemko Subulussalam Aceh Sabet WTP ke-2, Ini Kata Walikota Bintang

Sejumlah Anggota DPRK Kota Subulussalam, yakni Dolly S Cibro, MZA Ridho, Bancin, Karlinus dan beberapa anggota DPRK lainnya, yang menemui langsung para mahasiswa.

Menyampaikan, menerima seluruh tuntutan GeMMAS, berjanji akan memanggil Disperindagkop dalam 2×24, selanjutnya akan memanggil pihak PDAM penanggalan dan akan mengawal janji-janji politik Walikota Bintang Salmaza

(WII)

  • Bagikan