Bumijaya Alokasikan DD Rp314 Juta Untuk Pencegahan dan Penanganan Covid-19

  • Bagikan

SUKAU, WII-Pekon (Desa) Bumijaya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) alokasikan Rp314 juta lebih dari dana desa (DD) tahun 2020 untuk penanganan corona virus dissaese 2019 (covid-19).

Peratin (Kepala Desa) Bumijaya, Rohmanjallil saat ditemui di kediamannya, Minggu (21/06/20) mengatakan, dari angka diatas terbagi menjadi beberapa kegiatan pekon dalam upaya pencegahan hingga penanggulangan dampak covid-19 di wilayahnya.

Dengan rincian Rp82 Juta untuk penanganan pencegahan dalam memutus mata rantai penyebaran dan Rp232 juta berbentuk bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat kurang mampu atau miskin.

Menututnya, salah satunya yang telah dijalankan yakni penyemprotan disinfektan serentak di seluruh fasilitas pekon dan rumah warga. Selain itu, pembagian masker gratis, mendirikan pospantau covid-19 dan pembuatan portal di beberapa pintu masuk pekon.

“Ini reaksi cepat yang kita lakukan untuk pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ucapnya.

Sementara untuk penanggulangan dampak covid-19, lanjut Rohmanjallil, pihaknya telah membagikan BLT DD kepada 86 keluarga penerima manfaat (KPM). Dimana, untuk tiga bulan pertama, yakni bulan Apri-Juni masing-masing KPM mendapatkan Rp600 ribu. Selanjutnya, untuk bulan Juli-September KMP mendapatkan RP300 ribu perbulannya.

“BLT DD sudah tersalurkan untuk bulan April dan Mei kepada 86 KPM. Saat ini kita sedang menunggu pencairan dana desa untuk pembagian BLT tahap ketiga atau peruntukan bulan Juni,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya BLT DD dapat membantu meringankan beban penetima manfaat dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga di masa pandemi saat ini.

“Sudah saya tegaskan kepada penerima, BLT ini untuk keluarga, terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan kesehatan, walapun itu uang miliknya kami tidak anjurkan untuk berpoya-poya,” katanya. (swi/esa/wii)

BACA JUGA:  Kampung Jawa segera Distribusikan 10 Ribu Buku untuk 560 Pelajar SD - SMA Sumber DD
  • Bagikan