Meningkat Drastis, Positif Corona di Karo 18 Kasus, Kadis Irna Sebut-sebut Kabanjahe

  • Bagikan

KARO, WII-Kasus positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, melonjak menjadi 18 kasus, Minggu (21/6).

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, sebelumnya hanya delapan kasus positif. Kini melonjak drastis menjadi 18 kasus positif.

Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Karo, Irna Safrina Meliala menuturkan, jumlah kasus terbanyak dari Kecamatan Kabanjahe sebanyak tujuh kasus.

BACA JUGA: Lebih Ganas, 5 Bulan Virus Ini Menyerang 80 Warga Lambar 1 Meninggal, Diskes Lambar Jelaskan Ini

“Parahnya lagi, dalam satu hari jumlah penambahan kasus positif baru sebanyak 10 kasus, dengan total keseluruhan kasus positif di Kabupaten Karo sebanyak 18 kasus,” kata Irna.

Dari 10 kasus baru ini semuanya telah melalui test swab. Mereka dari tiga kecamatan. Rinciannya, tujuh kasus dari Kecamatan Kabanjahe, dua dari Kecamatan Simpang Empat dan satu kasus di Kecamatan Merek. Dan paling banyak memang terkonsentrasi di Kecamatan Kabanjahe,” kata Irna Safrina Meliala saat dihubungi wartawan Minggu malam (21/6/2020) melalui WhatsApp.

Irna memaparkan jumlah terbanyak berada di Kecamatan Kabanjahe, dirinya membenarkan jika di kecamatan tersebut kini menjadi klaster penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karo.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo itu mengatakan, menurut pendataan yang mereka lakukan jika delapan dari 10 kasus baru ini, masih ada kaitannya dengan kasus pasien positif yang meninggal beberapa waktu lalu.

“Ini memang sudah terjadi klaster, kalau kita sebut klaster melalui kasus yang kemarin. Karena dari kasus yang baru, delapan di antaranya masih berkaitan. Bahkan, dari jumlah semua kasus, 13 kasus itu masih berkaitan dengan yang meninggal beberapa waktu lalu,” sebutnya.

Untuk itu, saat ini sangat dibutuhkan kesadaran semua pihak untuk memutus mata rantai penyebaran dengan kedisplinan menjalankan protokol kesehatan. Ini mutlak, disiplin mematuhi protokol kesehatan, tegasnya.

BACA JUGA:  Pjs Bupati Lamtim Terbitkan SE Penundaan Pengajian-Doa, Ini Penjelasan Fredy

Menyinggung data dari Gugus tugas juga ada lima OTG baru asal Kecamatan Kabanjahe dan satu PDP baru asal Kecamatan Laubaleng, Irna membenarkan sembari mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan memakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun serta menghindari kerumunan.

LAPORAN: Rekro G Tarigan, Karo

  • Bagikan