Rencana Relaksasi Penempatan Pekerja Migran, PPSMI Lakukan Silaturahmi Ke-UPT BP2MI Lampung

213

BANDARLAMPUNG, WII – Ketua Umum DPP Perkumpulan Pengusaha Sahabat Migran Indonesia (PPSMI) Provinsi Lampung Rafaeli Hia, menyambangi Kantor UPT Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi Lampung.

Rafaeli diterima langsung oleh Kepala UPT BP2MI Lampung, Ahmad Salabi, diruang kerjanya. Jl. Untung Suropati No. 21A Bandar Lampung, Rabu, (8/7).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala UPT BP2MI Lampung Ahmad Salabi, mengatakan saat ini, BP2MI bersama Kementerian Tenaga Kerja melalui UPT BP2MI dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, menyiapkan pedoman menuju normal baru relaksasi penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Persiapan pedoman normal baru ini tetap menerapkan protokol kesehatan lintas sektor untuk CPMI yang membutuhkan perlindungan khusus dalam situasi pandemi COVID-19.

Ia mengungkapkan, pedoman protokol kesehatan dalam rangka rencana relaksasi penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjadi kunci penting dalam pelaksanaan dua agenda, baik rencana penempatan PMI ke negara-negara penempatan maupun pelayanan calon PMI dan hal ini selalu di koordinasikan dengan BP2MI Pusat.

“Relaksasi penempatan PMI bisa menjadi salah satu solusi mengurangi angka pengangguran dan menaikan potensi angka remitansi. Saat ini jumlah Calon PMI sangat banyak dalam proses pra penempatan untuk negara Korea Selatan, Jepang, Hong Kong dan Taiwan,” kata Ahmad Salabi.

“Proses penempatan CPMI ini masih dalam tahap pembahasan penyusunan Rancangan Perubahan Keputusan Menteri Tenaga Kerja tentang Pedoman Pelaksanaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia dalam Tatanan Normal Baru,” timpalnya.

Untuk itu, Ahmad Salabi mengajak PPSMI dan berharap untuk dapet bersinergi dalam menjalankan atau menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk rencana relaksasi penempatan CPMI tersebut. Yang mana PPSMI dapat menjadi fasilitator dalam sosialisasi penerapan protokol kesehatan terhadap jajaran pengurus dan anggotanya, yang terdiri dari Pelaku Usaha P3MI dan mitra-mitra kerja dilapangan yang ada di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Polemik Akses Jalan Ditutup Terus Berlanjut, Kedua Pihak Tempuh Jalur Hukum

Sementara itu, Ketua Umum DPP PPSMI Rafaeli, menjelaskan dengan adanya pertemuan ini diharapkan BP2MI dan PPSMI dan pihak terkait dapat berkoordinasi serta bekerjasama dalam hal apapun.

“Dengan harapan dapat memberdayakan pekerja migran, PMI Purna, keluarganya dan mitra-mitra kerja dilapangan. Kami harap ke depannya kita dapat bekerjasama, baik dengan BP2MI Pusat maupun dengan UPT BP2MI ProvinsiLampung” ungkap Rafaeli. (Roy/WII)

Facebook Comments