6 Kali Berturut-Turut Laporan Keuangan Pemkab Dairi Sabet WTP

172

DAIRI, WAKTUINDONESIA – Kecakapan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kembali mendapat apresiasi.

Kabupaten itu menerima Penghargaan Plakat sebagai daerah yang memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) LKPD 2019 dari Menteri Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (DJPB).

Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang capaian opini WTP sekurang-kurangnya 5 kali berturut-turut.

Plakat WTP diberikan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (DJPB) Sumut, Tiarta Sebayang didampingi Kepala KPPN Sidikalang, Nova Juliana Sianturi diterima langsung oleh Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Selasa (10/11/2020) di Aula KPPN Sidikalang.

Bupati Dairi dalam sambutannya menyampaikan Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan, yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria, yakni: kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Puji syukur Pemkab Dairi sudah enam kali berturut-turut mendapatkan predikat WTP. Kami Pemkab Dairi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan yang telah mempercayai kami dalam komitmen penghargaan opini WTP ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Dairi mengingatkan predikat WTP ini bukan tujuan akhir, melainkan awal kerja untuk menuju lebih baik lagi. Dikatakannya, WTP ini bukan sebuah prestasi namun sebuah kewajiban bagi daerah dan kepada seluruh OPD terkait.

“Perlu saya sampaikan bahwa penghargaan ini menjadikan motivasi untuk Pemerintah Kabupaten Dairi mempertahankan kinerja yang baik. Tidak terlena dengan prestasi yang ada, justru menjadikan tantangan untuk meningkatkan prestasi. Selanjutnya kami ucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder terkait atas opini terbaik atau laporan keuangan ini, harapannya dapat menjadi semangat bagi kami untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Dairi. Saya mengajak kita semua, mari sama-sama kita benahi tata kelola APBD Kabupaten Dairi, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat menuju Dairi unggul,” tutupnya.

BACA JUGA:  Hasil Swab 22 Pegawai Dinkes Pesawaran Negatif Covid-19

Selanjutnya, Kepala Kanwil DJPB Sumut mengatakan merasa senang bahwa Kabupaten Dairi bisa menjadi contoh bagi tetangganya. Untuk itu, diharapkan untuk kedepannya tetap bisa menjadi contoh dan tetap mempertahankan prestasinya.

“Dairi bisa menjadi contoh buat Kabupaten lain yang belum berhasil meraih WTP. Meraih WTP bukan berarti tidak ada kemungkinan korupsi namun dengan berhasil meraih WTP, sudah menunjukkan indikator pengelolaan keuangan yang baik. Saya percaya Bupati Dairi akan mengawal dan mengelola dengan baik untuk kemajuan Daerah kita ini,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua KPPN Sidikalang, Nova Juliana Sianturi menyampaikan sebagai wujud apresiasi Pemerintah, Menteri Keuangan RI memberikan Plakat WTP kepada Pemkab Dairi sebagai entitas pelaporan atas capaian opini WTP 6 kali berturut-turut.

“Kami mengucapkan selamat kepada Pemkab Dairi beserta jajarannya yang telah berhasil meraih capaian opini WTP atas LKPD untuk yang ke 6 kalinya berturut-turut sejak tahun 2014 sampai dengan tahun 2019. Hal ini merupakan suatu hal yang patut untuk dibanggakan. Kami berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk tahun berikutnya, “ ucapnya.

Selanjutnya, KPNN Sidikalang menyampaikan untuk wilayah Kabupaten Dairi dari pagu DAK fisik sebesar Rp.57.538.557.000 Miliyar telah disalurkan sebesar Rp.51.721.846.007 miliyar atau sebesar 89,89% dari pagu DAK fisik Kabupaten Dairi. Sedangkan penyaluran dana Desa dari pagu sebesar Rp.128.564.543.000 miliyar telah disalurkan sebesar Rp.102.869.465.950 miliyar atau sebesar 80,01% dari pagu dana desa.

“Kami berharap sinegi dan kerja sama selama ini yang telah kita laksanakan, dapat dipertahankan dan semakin ditingkatkan lagi. Harapan kami dan tentunya harapan kita semua, dengan adanya DAK fisik dan dana desa ini dapat membantu pembangunan di wilayah Kabupaten Dairi dan terutama kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19,” katanya.

BACA JUGA:  Diduga Bandar Sabu, Warga Kecamatan Munthe Dibekuk Polisi

(rhm)

Facebook Comments