Waduh!! SPJ Kegiatan 2019 Kampung Negerijaya Diduga Ada yang Fiktif

388

WAYKANAN, WAKTUINDONESIA – SPJ Kampung Negeri Jaya Kecamatan Negeribesar, Way Kanan, atas penggunaan dana desa dan alokasi fisik 2019 tak singkrong dengan fakta di lapangan.

Diduga ada sejumlah kegiatan tidak dilakukan dan diselesaikan. Bahkan terindikasi ada yang fiktif.

Hal tersebut diketaui setelah awak media mempertanyakan kegiatan fisik dan pengadaan beberapa item kegiatan pada TA 2019 Kepada Sekretaris Kampung Negeri Jaya, Depurba di kantornya, Kamis (26/11/2020).

Pasalnya, ada kegiatan yang diduga tidak selesai dan diduga fiktif namun dilaporkan selesai.

Kegiatan tersebut, diantaranya penyediaan jamban bagi warga sebanyak 26 unit. Dari jumlah itu terindikasi hanya diselesaikan empat unit saja. Sementara total Anggaran Rp29 juta lebih.

Kemudian bibit jambu sebanyak 300 polibet, namun hanya 60 polibet saja yang diberikan. Terus pengadaan bibit ikan lele sebanyak 3.004 benih, ikan nila 3.000 benih, dan ikan mas sebanyak 100 bibit, namun diduga tidak ada sama sekali.

Hal ini disampaikan langsung Sekretaris Kampung Negeri Jaya Depurba. Ungkapannya itu disebutnya dapat Ia pertanggung jawabkan.

“Ia mas itu saya tau, jadi gak mungkin saya bohong karena memang benar seperti itu, ini yang mengerjakan pada waktu itu,”, katanya seraya memanggil Kaur Umum Mujiono Tamrin.

Mujiono membenarkan hal tersebut.

“Benar pak itu jambannya empat, bibit jambu nya 60 dari 300, bibit dan bibit ikan tidak ada, sepengetahuan saya,” Mujiono ikut menjelaskan.

“Terkait pelaporan SPJ yang diduga fiktip tersebut diharapkan dinas dan APH agar dapat melakukan tindakan sesuai ketentuan yang ada,” tandanya.

Laporan: Roy Hidayat/WII

Facebook Comments
BACA JUGA:  BLT DD Tanjungmeriah 2020 Berakhir Hari Ini