1 Warga Luka, 74 Rumah Rusak Terdampak Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Tuba

1106

BANJARAGUNG, WAKTUINDONESIA – Seorang warga dan 74 rumah di Kampung Bujuk Agung, Kecamatan Banjar Margo, Tulangbawang (Tuba), Lampung, terdampak hujan deras disertai angin kencang, Minggu (28/02/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

“Minggu sore terjadi bencana alam hujan deras yang disertai angin kencang di Kampung Bujuk Agung. Akibat peristiwa ini ada satu orang warga yang mengalami luka ringan dan puluhan rumah mengalami kerusakan,” ujar Kapolsek Banjar Agung Kompol Devi Sujana, mewakili Kapolres AKBP Andy Siswantoro, Senin (01/3/21).

Lanjut Kompol Devi, korban yang mengalami luka ringan, yakni seorang wanita lanjut usia, Mbah Oyi (80). Ia menderita luka trauma di bagian kepala dan dijahit. Karena kondisinya baik ia diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Sementara, 74 keluarga juga terdampak. Rumah mereka mengalami kerusakan.

Empat rumah diantaranya rusak ringan dan 70 rumah mengalami rusak sedang.

“Kriteria rumah rusak ringan yaitu tingkat kerusakan dibawah 30 persen atau hanya sebagian kecil atap rumah dan kriteria rumah rusak sedang yaitu tingkat kerusakan antara 30 persen – 60 persen atau sebagian besar rumah mengalami kerusakan tetapi masih dapat dihuni,” ungkap Kompol Devi.

Kapolsek menjelaskan, setelah mendapatkan informasi tentang bencana alam hujan deras yang disertai angin kencang terjadi di wilayahnya, dia bersama dengan personelnya turun ke lokasi kejadian dan membantu masyarakat untuk melakukan evakuasi.

“Serta melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak akibat bencana alam ini, baik korban yang mengalami luka ringan maupun jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan, kemudian melaporkan kepada pimpinan secara berjenjang,” ujarnya. (*)

Laporan: Yantori
Editor: Merly Sentosa

Facebook Comments
BACA JUGA:  Bupati Dendi Beri Santunan Mbah Surti Koban Kebakaran