Audiensi dengan Warga 3 Kecamatan, Bupati Agus Bagikan SHAT untuk UKM

  • Bagikan

KRUI, WAKTUINDONESIA – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Lampung, Agus Istiqlal, menghadiri audiensi dengan masyarakat Kecamatan Pesisir Tengah, Waykrui, dan Pulaupisang, sekaligus penyerahan Sertipikat Hak Atas Tanah (SHAT) bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) Tahun 2021, di GSG Selalaw Pantai Labuhanjukung, Kamis (7/10).

Kegiatan tersebut dihadiri juga Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Indag), Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), para kepala OPD, Camat Pesisir Tengah, Waykrui, dan Pulaupisang, serta masyarakat penerima.

Bupati Agus menerangkan pembagian sertipikat kali ini berbeda dengan pembuatan sertipikat biasanya, dimana untuk program tersebut pendaftarannya dilakukan melalui Diskop UKM Indag.

“Mengingat program ini merupakan program untuk memfasilitasi usulan dari Kementerian Koperasi dan UKM, dimana untuk di daerah diwakili oleh Diskop UKM Indag,” paparnya.

Agus berpesan agar masyarakat penerima dapat menyimpan dengan rapi dan aman, terlebih sertipikat tersebut berlaku tanpa batasan waktu. “Apalagi perkembangan pesat yang terjadi dalam pembangunan di Indonesia khususnya Pesibar, tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan hubungannya akan kepastian hukum atas tanah,” jelasnya.

Masih kata dia, lambatnya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Karenanya, Pemkab Pesibar bekerja sama dengan BPN Pesibar melaksanakan program pembuatan SHAT bagi pelaku UKM.

Agus juga berharap program tersebut dapat menjadi upaya bagi pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19, dalam arti dapat meningkatkan kesejahteraan dan membangun ekonomi kerakyatan.

“Program strategis pertahanan legalisasi aset bagi pelaku UKM ini memiliki manfaat yang besar, karena akan memberikan jaminan kepastian hak atas tanah, mencegah sengketa, dan meningkatkan kesejahteraan pemegang hak,” tukasnya.

(ers/WII)

BACA JUGA:  Tangis Orang Tua Bocah Terbakar Kaki Ini Pecah saat Bupati Saply Tanggung Biaya Pengobatan
  • Bagikan