Horee!! Proses PBG di Lampung Selatan Akhirnya Terbit

  • Bagikan
Rapat Kepengurusan Kegiatan Rencana Kota (KRK). KRK salah satu persyaratan  proses penerbitan PBG. Lokasi Rapat di Geduang kantor Dinas PU-PR Lamsel, Kamis (7/4/22). Foto: Dok Dadang Erlangga
Rapat Kepengurusan Kegiatan Rencana Kota (KRK). KRK salah satu persyaratan  proses penerbitan PBG. Lokasi Rapat di Geduang kantor Dinas PU-PR Lamsel, Kamis (7/4/22). Foto: Dok Dadang Erlangga

LAMPUNG SELATAN, WAKTUINDONESIA – Momen yang dinanti masyarakat dan juga para pengusaha Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) terkait pengurusan persetujuan bangunan gedung (PBG) telah dapat diproses oleh Dinas PUPR setempat.

Hal itu diungkapkan Kabid Cipta Karya Lampung Selatan, Gunawan di ruang kerjanya , Kamis 7 April 2022.

Menurutnya, proses PBG telah dapat diterbitkan dan dilakukan pemungutan retrebusi seiring dengan telah diundangkannya Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.

”Alhamdulillah berkat kerja keras tim, hari ini satu PBG perdana sudah terbit. Untuk selanjutnya penerbitan dalam tahapan proses. Memang regulasi penerbitan PBG ini sedikit rumit dikarenakan ada perubahan sistem. Tentunya kami akan berupaya maksimal sehingga pelayan tetap dapat dilakukan dengan baik,” paparnya.

Lanjut Gunawan, dikarenakan penerbitan PBG ini secara online ke depan pihaknya akan mebentuk tim yang bakal membantu dan membimbing pemohon dalam mengakukan perizianan PBG, terutama untuk masyarakat yang mempunyai keterbatasan dalam mengkases sistem itu.

“Nanti akan kita buat tim khusus, bisa disebut tenaga ahli, karena proses penerbitan PBG, garis besarnya menggunakan jalur online, sesuai peraturan pemerintah pusat,” bebernya.

Di tempat terpisah, Plt Kadis PUPR Lampung Selatan Hasbi Aska menegaskan, setelah Perda PBG terbit, yang ditandatangani Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto maka dengan harapan maningkatnya PAD.

“Harapan kami, retribusi PBG dapat menjadi salah satu penunjang PAD yang kiranya dapat berkonstribusi pada pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini. Terutama tim teknis dapat bekerja aktif dan maksimal. Sehingga masyarkat dan investor dapat mendapakan pelayanan maksimal khususnya Perzinan PBG ini,” pungkas Hasbi.
(WII)

BACA JUGA:  Dapat Alokasi 8000 Dosis, PMI Lambar Jadwalkan Roadshow Vaksinasi
  • Bagikan