Kapan AMJ 23 Peratin di Lampung Barat, Berdasarkan SK atau Tanggal Dilantik?

  • Bagikan

LAMPUNG BARAT, WAKTUINDONESIA – Pelantikan Peratin (Kades) terpilih hasil Pemilihan Peratin (Pilratin) 23 Februari 2022 di 60 pekon (Desa) untuk masa bakti 2022-2028 yang tersebar di 15 kecamatan di Lampung Barat mulai berlangsung di sejumlah tempat sejak Selasa, 10 Mei 2022.

Pelantikan dilangsungkan selama sembilan hari di sejumkah lokasi berbeda dan terakhir dijadwal Sabtu, 21 Mei 2022, untuk lima peratin terpilih di Kecamatan Kebuntebu dan dipusatkan di Pekon Purajaya sekitar pukul 10.00 WIB.

Pantauan Waktuindonesia.id, selama tiga hari terakhir, tercatat 23 peratin tersebar di tujuh kecamatan yang sudah dilantik Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Di hari pertama, Selasa, 10 Mei 2022, Bupati Parosil melantik  tujuh peratin di Kecamatan Batubrak yang dipusatkan di Pekon Kerang.

Kemudian dilanjut pelantikan tiga peratin di Kecamatan Belalau, dipusatkan di Pekon Kejadian sekitar pukul 13.00 WIB.

Tujuh peratin di Kecamatan Batubrak yang dilantik itu, yakni Peratin Pekon balak, Sarnada; Peratin Pekon Kegeringan, Sofyan Hadi; Peratin Pekon Sukabumi, Alamsyah; dan Peratin Pekon Gunungsugih, Indra Bangsawan.

Terus, Peratin Pekon Sukaraja, Anton Sabara; Peratin Pekon Kerang, M Amin; dan Peratin Pekon Tebaliokh, Iwan Susanto.

Sementara untuk tiga peratin di Kecamatan Belalau yang diambil sumpahnya, yaitu Peratin Pekon Kejadian, Ahmad Hendriyansyah; Peratin Pekon Sukarame, Herwin; dan Peratin Pekon Serungkuk, Sunandar.

Total 10 peratin dilantik di dua kecamatan tersebut.

Kemudian, Rabu, 11 Mei 2022, pelantikan peratin dilangsungkan di dua lokasi untuk tiga peratin di Kecamatan Lumbokseminung yang dipusatkan di Pekon Sukabanjar dan tiga peratin di Kecamatan Sukau yang dilangsungkan di Pekon Tapaksiring.

Tiga peratin yang dilantik di di Kecamatan Lumbokseminung, adalah Peratin Heni Arong, Rahmadi; Peratin Sukabanjar  Riza Irwanda; dan Peratin Lumbok Timur, Gunadi Saputra.

BACA JUGA:  Bupati Dendi Minta Kades Salurkan Dana Desa Cepat Dan Tepat

Sementara tiga peratin di Kecamatan Sukau yang dilantik, ialah Peratin Pekon Tanjungraya, Johan Safri;  sebagai Peratin Pekon Tapaksiring, Samsul Hidayah; dan  Peratin Pekon Jagaraga, Novianto.

Artinya, enam peratin dilantik Bupati Parosil di hari kedua di dua kecamatan dimaksud.

Hari ini, Kamis, 12 Mei 2022, pelantikan tujuh peratin di Kecamatan Balikbukit yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Pekon Padangpadom.

Mereka adalah, Peratin Padangcahya, Murzani Ma’ruf; Peratin Sebarus, Melki Dafirzata; Peratin Wayempulau Ulu, Ahmad Kasmanto; dan Peratin Gunungsugih, Asbir Yusron.

Kemudian, Peratin Padangdalom, Endra Gunawan; Peratin Kubuperahu, Kusnadi; dan Peratin Sedampahindah, Yundrisyah Putra.

Ketujuh peratin diambil sumpahjabatan peratinnya oleh Bupati Lampung Barat kelima, Parosil Mabsus yang akrab disapa Pak Cik itu.

BACA JUGA: Sempat Diralat, Ini Jadwal Lengkap dan Lokasi Pelantikan Peratin di Lampung Barat

Lantas berapa tahun masa baktinya?

Kapan akhir masa jabatan (AMJ) masing-masing peratin itu, berdasarkan SK atau hari dilantik?

Berdasarkan Pasal 39 Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa atau dikenal juga dengan UU Desa, disebutkan, Kepala Desa memegang jabatan selama enam tahun terhitung sejak tanggal pelantikan.

Artinya, AMJ peratin tertanggal saat dilantik.

Artinya, peratin yang dilantik tanggal 10 Mei 2022 AMJ-nya 10 Mei 2028.

Kemudian yang dilantik pada tanggal 11 Mei 2022, akhir masa tugasnya 11 Mei 2028.

Demikian pula yang dilantik tanggal 12 Mei 2022, masa bakti terakhirnya tanggal 12 Mei 2028.

Hal itu juga dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Pekon, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten Lampung Barat, Ruspel Gultom, mewakili Kadis PMP Syaekhuddin.

“Masa jabatan terhitung enam tahun sejak tanggal pelantikan,” kata dia.

(WII)

  • Bagikan