Senter! 5 Nama Calon Pj Bupati Lampung Barat, 3 di Antaranya Diusulkan DPRD, Ini Mereka

  • Bagikan
Pj bupati Lambar
Tiga nama calon Pj bupati Lampung Barat yang diusulkan DPRD setempat. (esa merli/waktuindonesia)

LAMPUNG BARAT, WAKTUINDONESIA – Akhir masa jabatan (AMJ) Bupati-Wabup Lampung Barat 2017-2022, Parosil Mabsus-Mad Hasnurin (PM) jatuh pada 11 Desember 2022.

Mengingat Pilkada baru digelar 27 November 2024, kursi pucuk pimpinan di Bumi Beguai Jejama itu bakal diisi hasil proses administrasi negara. Penjabat (Pj) bupati.

Sejak beberapa hari terakhir, senter sejumlah nama telah diusulkan calon Pj bupati Lampung Barat.

Setidaknya lima nama. Mereka adalah Nukman Ms, Qudrotul Ikhwan, Mulyadi Irsan, Ganjar Jationo dan Syarmadani.

BACA JUGA: 101 Kada Berakhir Masa Jabatan 2022, 5 di Lampung: Diisi Pj bukan Pjs, Plh-Plt, Simak Perbedaan Istilah Itu

Nukman kini menjabat Sekretaris Kabupaten Lampung Barat, Qudrotul Ikhwan adalah Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Lampung, dan Mulyadi Irsan kini Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemprov Lampung.

Kemudian, Ganjar Jationo kini Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov Lampung. Terakhir Syarmadani. Syarmadani kini Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri.

Lima nama itu konon yang diusulkan DPRD Lampung Barat, gubernur Lampung dan pusat.

Nukman dan Qodratul Ikhwan dikabarkan diusulkan sebagai calon Pj bupati oleh DPRD Lampung Barat dan gubernur Lampung.

Disamping dua nama itu, Ganjar Jationo juga diusulkan DPRD Lampung Barat dan Mulyadi Irsan diusulkan gubernur Lampung. Terakhir, nama Syarmadani diajukan pusat.

Sejauh ini, Waktuindonesia.id baru berhasil mengonfirmasi Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, Kamis, 1 Desember 2022.

Edi Novial membenarkan jika lembaga wakil rakyat itu telah mengusulkan tiga nama sebagai calon Pj bupati Lampung Barat ke Kemendagri melalui surat dengan No. 170/69/DPRD-LB/2022.

Ketiganya, yakni Nukman, Qodratul Ikhwan dan Ganjar Jationo.

Menurutnya, munculnya tiga nama itu setelah rapat pimpinan DPRD Lampung Barat dengan ketua dan sekretaris fraksi-fraksi yang digelar 15 November 2022.

BACA JUGA:  Pemkab Lambar Terima Kunker Asisten II Lubuk Linggau

Hasil rapat itu kemudian tertuang dalam Surat Keputusan No. 27/DPRD-LB/Kep.D/2022.

Dikatakan, DPRD Lampung Barat mengusulkan calon Pj bupati Lampung Barat berdasarkan ketentuan Pasal 201 ayat (9) dan ayat (11) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang disebutkan untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Walikota yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2022 diangkat penjabat bupati/walikota yang berasal dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT).

Kemudian berdasarkan Surat Mendagri tertanggal 8 Juli 2022 Nomor 131.33/3906/SJ perihal Usul Nama Calon Penjabat Bupati yang berisi permintaan usul tiga nama calon Pj bupati Lampung Barat.

Ditegaskan, pihaknya hanya mengusulkan nama-nama calon Pj bupati Lampung Barat. Sementara untuk memutuskan siapa yang ditunjuk adalah kewenangan Kemendagri.

“Dari sejumlah nama yang diusulkan tidak tahu siapa yang akan ditunjuk. Bisa jadi satu diantara tiga nama yang DPRD Lampung Barat usulkan atau pejabat lain. Itu kewenangan Kemendagri. Terlepas dari itu, saya berharap Pj bupati nantinya meneruskan perjuangan kepala daerah sebelumnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tandas ketua DPRD dua periode (2014-2019 dan 2019-2024) asal PDI perjuangan tersebut.

(WII)

  • Bagikan